My life melody

My life melody

Sunday, October 23, 2011

Internship oh Internship... part 2



Liburan semester 6 pun usai. Saatnya para fikomers generasi ke-8 terpencar untuk menjalankan magang. Aku pun menjalankan tanggung jawabku. Dengan sambutan hangat para karyawan di Sitoes Indonesia, aku menjalani hariku dengan langkah tegap. Senyuman terbaik kuberikan hampir setiap hari. Waktu 483 jam pun berlalu dengan beragam kisah di baliknya. Bosan, lelah hingga bagian yang menyenangkan terjadi.

Minggu pertama
Memulai sesuatu yang belum pernah kulakukan sebelumnya, menyusun sebuah identitas perusahaan dalam company profile adalah tugas pertamaku. Cukup dengan perkenalan teman - teman kantor, aku pun mengeluarkan bolpen dan kertas, memulai mengumpulkan data. Wawancara dengan pimpinan. Membuat perkiraan isi dari company profile yang akan kubuat menjadi kebingungan yang mengasyikkan.

Minggu kedua

Bercerita dengan teman - teman seperjuangkan melalui blackberry messenger menjadi obat yang melegakan untukku. Bercerita apa yang terjadi selama magang mereka benar - benar mengasyikkan. Hingga akhirnya, aku tenggelam dengan percakapan itu. Tanpa sadar, aku harus menyelesaikan company profile perusahaan. Karyaku direvisi berulang kali. "Kapan ini akan selesai?" menjadi pertanyaan yang keluar dari mulutku. Setiap hari aku harus menjalankan hal yang sama. Detil demi detil kuperiksa, kubaca, kuperbaiki. Hasilnya? Pimpinan masih memberikan revisi seabrek pada karyaku. Hingga pada satu titik jenuh, aku bertanya pada diriku, "apa yang salah dengan karyaku?" Dengan sabar, kuperbaiki kesalahanku. Hingga akhir minggu, pimpinan mengatakan, "Aku rasa sudah cukup." Aku pun berteriak kegirangan sampai di rumah.

Minggu ketiga

Ketika mulai dekat dengan para karyawan, aku memberanikan diri membaca tanda tangan mereka, sesuai ilmu karakter yang kupelajari. Sejenak melepas kejenuhan melalui komunikasi layaknya teman. Mendengarkan setiap keluhan dan masalah yang mereka hadapi, lantaran pimpinan yang berbeda karakter dengan mereka menjadi hal yang menyenangkan. Aku juga belajar merasakan apa yang salah satu teman kantorku rasakan. Ketika desainnya kurang memuaskan pimpinan, dia harus melakukan photo session dengan garam serta merica butir. Menatanya satu per satu hingga menghasilkan gambar yang memuaskan ternyata sangat melelahkan. Aku ikut ambil bagian dalam hal ini. Menyenangkan untukku.

Minggu keempat
Sebulan telah berlalu. Lebih dari 100 jam telah terlewati. Aku dan teman - teman seangkatan merasakan rasa yang sama. Kangen dengan kuliah. Status yang dipasang teman - temanku berisi hal yang sama "Kangen kuliah". Aku pun sama. Merindukan kehidupan kampus yang ramai, merindukan laporan - laporan, merindukan bersaing untuk mendapatkan buku - buku referensi yang sesuai untuk laporan, berlari - lari di sekitar kampus, bercanda dengan dosen - dosen kami. Semua hal yang biasa kulakukan dengan teman - temanku. Bergila bersama. Sangat ingin kembali ke semester - semester sebelumnya. Minggu ini aku merasakan adanya kejenuhan dalam magangku.

Minggu kelima

Tugas baruku pun dimulai. Tugas ketiga yang harus kuselesaikan segera dimulai. Masih berkutat dengan tulis- menulis. Hanya, kali ini yang berbeda adalah materi yang kutuliskan. Aku belajar membuat sistem untuk perusahaan. Berdiskusi dengan pimpinan mengenai hal ini tak habis - habisnya. Mendapatkan teguran karena terlalu cepat mengumpulkan tugasku adalah hal baru lain yang kudapatkan. Minggu - minggu ini aku merasa sangat dekat dengan teman - teman kantorku. Hampir setiap hari, kami memulai kegilaan kami saat mendekati jam pulang. Kami sebut kebiasaan ini sebagai injury time. Kami bisa menghabiskan satu jam untuk bercanda tak jelas, membicarakan hal yang kurang penting dan bergosip pada saat ini. Setiap hari mereka menantikan saat -saat ini. Saat di mana mereka bisa sejenak menghilangkan kepenatan mereka.


No comments:

Post a Comment

Temen-temen kasi komen ya... apa ada yang salah dengan blog-ku. maklumilah daku, karena aku baru belajar buat blog. geto... he8x thx.