My life melody

My life melody

Sunday, October 23, 2011

Internship oh Internship... part 1

Sebuah proses yang harus kami lalui sebagai mahasiswa di Ilmu Komunikasi Petra adalah magang. Dua kali magang membentuk kami menjadi pribadi yang siap untuk terjun dalam dunia kerja. Dengan bekal ilmu yang kami dapat di kampus, kami harus menerapkannya dalam dunia yang "asing" untuk kami. 440 jam bukanlah waktu yang singkat. Kami "dititipkan" pada tempat yang tidak kami kenal.

Sebelum magang, proses kebingungan mencari tempat magang menjadi sesuatu yang menggemparkan seluruh kampus. Pertanyaan, "kamu magang mana?" menjadi topik yang lebih menarik daripada "Topik magangmu apa?" Awalnya, aku sangat ya
kin aku akan diterima di sebuah perusahaan besar, yang nantinya akan kujadikan target pertama untuk bahan skripsiku. Proposal sebaik mungkin, dilengkapi dengan portofolio yang menunjukkan "kehebatan" akademis dan non akademisku, sudah kukirimkan. Dengan percaya diri, aku menjawab pertanyaan mengenai tempat magangku dengan, "Aku sudah mengirimkan proposalku ke mall ini dan perusahaan telekomunikasi itu. Tinggal tunggu hasil." Melihat wajah temanku yang terpesona adalah sebuah kesukaan bagiku. Betapa sombongnya aku saat itu.

Tuhan meruntuhkan semua kesombonganku itu dengan kalimat "Proposal Anda telah kami terima. Tapi, kami masih belum membutuhkan mahasiswa magang" dari HRD perusahaan - perusahaan itu. Kedua perusahaan yang kutargetkan telah menolakku. Hatiku runtuh dan kacau saat itu. Sempat protes pada Tuhan, mengapa teman - temanku yang lain bisa diterima perusahaan besar dan aku tidak? Berjuang dan berdiskusi bersama teman seperjuanganku, There dan Nciss menjadi pelampiasan kekesalanku.

Mencari banyak cara untuk menemukan tempat magang bukanlah hal yang mudah. Ditambah dengan kehilangan waktu satu minggu, karena hadiah luar biasa dari Tuhan, ternyata juga membuyarkan pemikiran dan usahaku mencari tempat magang. Berkutat dengan nomer telepon dan relasi - relasiku menjadi cara terakhir. Akhir Mei 2011, Tuhan menjawab doaku. Dia siapkan satu tempat magang untukku.

Tuhan mengikis kesombonganku dengan menempatkanku di sebuah perusahaan yang untuk bermegah diri pun aku tidak bisa. Perusahaan dengan karyawa
n hanya 5 orang pada awalnya menjadi pilihan terakhir untukku. Perusahaan yang baru saja berdiri dua tahun, tanpa sistem dan hampir tak punya identitas jelas (company profile). Ekspresi kaget teman - teman dan dosen menjadi makananku sehari - hari sejak itu.

"Kamu magang mana, Pau?" "Aku di Sitoes Indonesia." "Hah? perusahaan apa itu?"
adalah pertanyaan yang harus kujawab setiap hari. Menjelaskan mereka di mana aku magang. Mereka sangat kaget dengan keputusanku itu. Mereka sangat menyayangkan aku melewatkan kesempatan magang di perusahan besar di Jakarta, seperti There, sahabatku yang
mendapatkan tempat magang di Indofood, Jakarta.

Hingga seorang teman datang dan meyakinkan aku, "Aku tau tidak mudah untuk menjalankan magang di perusahan kecil. Tapi, cobalah bawa pembaruan buat mereka." Keyakinan akan pilihanku makin bertumbuh sejak kata - kata itu diluncurkan dari mulut Ce Dhiah, kakak kelasku. Tuhan memantapkan pilihanku dengan uluran tangan dari pimp
inan perusahaan yang kemudian mengatakan, "Okay, see you on August 8!" Dan di sinilah aku sekarang. Belajar jadi karyawan kecil yang memulai segalanya dari bawah!



2 comments:

  1. Aku baru saja membaca artikelmu ini pau...Serasa ketakutan kita adalah sama di awal2 magang..hehe..=)
    Tenang pau, besarnya suatu perusahaan itu gak menjamin kitanya pasti akan berkembang.. Yang penting itu ada perkembangan dan pembelajaran hal baru di manapun kita hadir..=)
    Tetep semangat pau.. Tetep semangat Fikom 08..
    Mari kita selesaikan semester 7 ini dengan maksimal dan indah..hihihi..=)

    ReplyDelete
  2. hehe... iya... kita kan hampir aja mau magang di tempat yang sama kan Lid? tapi, ga jadi gara2 bapaknya sibuk rapat... wkwkkwkwkw.... semangat kawan... (Paulin)

    ReplyDelete

Temen-temen kasi komen ya... apa ada yang salah dengan blog-ku. maklumilah daku, karena aku baru belajar buat blog. geto... he8x thx.